7 Tips Traveling ke Luar Negeri Bagi Pemula

BacaPedia


Mengawali tahun 2018, apakah Anda memiliki rencana untuk berlibur ke luar negeri? Bagi Anda yang sudah memiliki rencana ke luar negeri dan ini merupakan pertama kalinya Anda pergi ke luar negeri, pasti ada kebingungan tersendiri yang Anda alami. Mulai dari apa yang harus Anda persiapkan, barang apa yang akan di bawa dan hal lainnya yang berhubungan dengan segala persiapan ke luar negeri.Di era modern seperti sekarang ini, liburan ke luar negeri bukan lagi sesuatu ha yang sulit. Kemajuan teknologi membantu Anda untuk dapat mengakses segala informasi tidak terkecuali informasi mengenai harga tiket sampai detail perjalanan Anda selama berada di negara tujuan destinasi Anda. 

Tidak jarang hal utama yang menjadi beban bagi orang yang ingin berlibur ke luar negeri adalah masalah biaya, baik biaya sebelum keberangkatan hingga biaya selama hidup di negara orang.
Anda tidak perlu khawatir, sekarang sudah banyak agen travel yang menyediakan tiket promo untuk beribur ke luar negeri. 

Bahkan, Anda bisa ke luar negeri dengan hanya bermodal uang kurang dari satu juta rupiah. Liburan ke luar negeri memang tidak segampang liburan di dalam negeri. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan mungkin adalah masalah perbedaan bahasa, budaya, hingga keamanan selama berada di sana. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke luar negeri dan merupakan pengalaman pertama Anda, berikut adalah beberapa tips liburan ke luar negeri. Dijamin aman dan pastinya, Anda bakalan ketagihan berlibur ke luar negeri.

7 Tips Travelling ke Luar Negeri Bagi Pemula


1. Persiapkan Dokumen yang Harus Dibawa

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah dokumen-dokumen yang berhubungan dengan perjalanan Anda selama ke luar negeri. Dokumen pribadi yang harus Anda siapkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), pasport dan visa. Dokumen penting yang harus Anda siapkan sebelum pergi ke luar negeri adalah pasport yang Anda buat di Kantor Imigrasi di daerah tempat tinggal Anda. Sekarang membuat pasport sudah tidak seribet dulu. Anda bisa mendaftar online untuk membuat pasport dan mengisi data-data yang diperlukan dalam pembuatan pasport. Bahkan sekarang tersedia e-Pasport yang dapat memberikan banyak kemudahan bagi Anda. Buatlah pasport paling tidak 3 bulan sebelum keberangkatan agar tidak terlalu mepet dengan waktu keberangkatan Anda. Pasport juga terkadang digunakan untuk melakukan pemesanan tiket pesawat. Nah, setelah Anda membuat pasport, buatlah visa jika negara tujuan liburan Anda adalah negara yang tidak bebas visa. Namun jika Anda tidak ingin repot membuat visa, Anda bisa mengunjungi negara yang bebas visa, seperti negera-negara ASEAN dan juga negara Sakura, Jepang.

2. Pelajari Negara Tujuan

Jika perjalanan ini merupakan perjalanan pertama Anda ke luar negeri, maka sebaiknya Anda mengenal lebih jauh tentang negara tujuan Anda, mulai dari budaya, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan saat di sana, dan yang terpenting adalah kenali musim yang sedang berlangsung di negara tujuan Anda. Pastinya bukan hal yang lucu jika Anda sudah packing kaos dan baju biasa lainnya dan ternyata di negara tujuan Anda sedang musim dingin. Fatal banget jika sampai terjadi.

3. Uang Menjadi Hal yang Penting

Uang terkadang menjadi hal yang sangat penting saat ingin berlibur ke luar negeri. Anda sudah menabung dan mempersiapkan uang saku yang cukup untuk berlibur ke luar negeri, namun ternyata ada hal mendesak yang sangat membutuhkan uang. Sedangkan tiket pesawat sudah di pesan dan segala kebutuhan telah dipersiapkan. Anda tidak perlu khawatir, sekarang Anda bisa melakukan pinjaman uang pribadi secara online di Monily.id. Kemudahan yang Anda dapatkan adalah, Anda bisa memilih jumlah uang yang akan Anda pinjam dengan jangka waktu peminjaman adalah 70 hari. Nah, jika Anda ingin melakukan peminjaman uang tanpa ribet dan tanpa jaminan, Anda bisa melakukan peminjaman online di Pinjaman24 dengan maksimal periode pinjaman 20 bulan. Jika Anda sudah menyiapkan uang saku untuk berlibur ke luar negeri, jangan lupa untuk menukarkan uang Rupiah Anda ke Money Canger dengan mata uang negara tujuan Anda. Beberapa negara memang ada yang tidak menerima mata uang Rupiah. Agar lebih aman, sebaiknya Anda membawa Dollar atau membawa uang dengan mata uang negara tujuan Anda.

4. Belajar Bahas Inggris Itu Penting!

Bahasa Inggris merupakan bahas internasional yang wajib dikuasai jika Anda ingin berlibur ke luar negeri. Jika negara tujuan liburan Anda adalah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, mungkin Anda tidak akan mengalami kesulitan berbahasa karena bahasa yang digunakan hampir sama. Namun jika negara tujuan Anda adalah negara seperti Arab, Amerika dan negara-negara lainnya, bahasa Inggris merupakan bahasa yang wajib Anda kuasai. Tidak perlu terlalu jago, yang penting Anda paham apa yang dikatakan oleh orang lain agar tidak terjadi miss-komunikasi.

5. Jangan Lupa Bawa Bekal Makanan Secukupnya

Saat berlibur ke luar negeri salah satu kendala selain bahasa adalah soal makanan. Namanya juga lidah orang berbeda, pastinya makanan yang masuk juga tidak sama nikmatnya dengan yang orang rasakan. Tidak banyak negara-negara yang menyediakan masakan khas Indonesia, kalau pun ada, harganya sangat mahal. Nah, untuk berjaga-jaga ada baiknya Anda membawa makanan dari Indonesia sebagai bekal perajalanan Anda. Tempe kering, abon, saus kecap atau bahkan peyek bisa masuk ke dalam list bekal Anda. Liburan di luar negeri, serasa wisata kuliner di Indonesia.

6. Buatlah Detail Perjalan

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan perjalan ke luar negeri mungkin akan mengalami kebingunan untuk membuat detail perjalan Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi. Browsing di Google dan cari tau itinerary perjalan orang lain yang bisa Anda lihat di web travell atau blog trevell. Misalnya Anda akan menginap di hotel mana, jalur bus, jalur kereta, hingga tempat membeli oleh-oleh perlu Anda catat. Nah, jika Anda ingin mencoba makanan luar negeri, maka tempat wisata kuliner jangan sampai terlupa untuk dicatat.

7. Pastikan Mencari Tiket Pesawat Promo ke Luar Negeri

Jika Anda ingin berlibur ke luar negeri dengan budget yang murah, jangan lupa untuk mencari tiket pesawat promo ke luar negeri dan yang terpenting adalah jangan mepet dengan waktu keberangkatan Anda. Tiket promo biasanya tersedia 6 bulan sebelum keberangkatan. Nah, jika Anda memiliki planning liburan ke luar negeri, tidak ada salahnya Anda mulai mencari-cari tiket pesawat promo dan segera booking sebelum Anda kehabisan. Anda memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan segala kebutuhan Anda sebelum berkunjung ke negara tujuan Anda.

Nah, sekarang Anda sudah siap menikmati liburan di luar negeri. Selamat berlibur.