Nasi Kotak atau Makanan Siap Saji?

BacaPedia



Anda pernah merasa lapar tapi malas untuk memasak dan lebih memilih membeli makanan diluar? Tenang saja, karena hal itu tidak hanya terjadi pada Anda, karena di zaman ini manusia lebih memilih cara yang praktis dan gampang untuk memenuhi kebutuhan mereka, termasuk dalam hal memilih makanan. Akhirnya pilihan terakhir adalah membeli nasi kotak atau makanan siap saji. Sejarah makanan siap saji sendiri adalah istilah untuk makanan yang dapat dipesan dan disiapkan secara cepat dan makanan dapat dibawa pergi karena toko tidak menyediakan tempat duduk. Saat ini banyak bermunculan restoran cepat saji di Indonesia. Biasanya restoran cepat saji menjual dari hamburger, kentang goreng dan minuman.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah kualitas dan kandungan gizi makanan siap saji. Karena sebagian dari makanan siap saji ada yang dinamakan junkfood yang jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan. Karena junkfood biasanya mengandung tinggi kalori dan rendah kandungan gizi, yang bisa menyebabkan obesitas. Sementara bila Anda terbiasa membeli nasi kotak, mungkin yang perlu diperhatikan adalah cara pengolahan dan pembungkusannya, karena jika memakai bahan styrofoam tidak baik untuk kesehatan. Tapi bila harus memilih antara keduanya lebih disarankan untuk membeli nasi yang didalam box saja karena menu biasanya tak jauh beda dengan menu makanan sehari hari, tanpa mengandung zat berbahaya dan harga terjangkau. Selain itu, karena bentuknya kotak akan lebih mudah untuk dibawa dan pastikan wadah tertutup rapat agar kebersihannya dapat terjaga.

Mungkin Anda lebih memilih makanan cepat saji bila untuk konsumsi sendiri atau bersama teman, tapi bila Anda ingin membuat sebuah acara yang terdapat banyak orang yang terlibat sudah tentu Anda akan lebih memesan ke rumah usaha katering. Dengan pesatnya pertumbuhan urbanisasi serta menjamurnya bermacam penyedia makanan franchise, semakin menunjukan bahwa manusia jaman sekarang lebih suka memilih membeli makanan daripada membuatnya sendiri.  Bahkan akhir akhir ini, karena tingginya permintaan dan kebutuhan akan nasi kotak, saat ini banyak berdiri usaha katering seperti dapursolo.com.