7 Penyebab Bayi Menangis dan Cara Mengatasinya

BacaPedia

Bacapedia - 7 penyebab Bayi Menangis


Apakah bayi anda sering menangis ? Sudah di ganti popokny , sudah di beri susu tapi tetap saja menangis ? Kira - kira apa yang menjadi penyebabnya ? mari kita simak 7 alasan bayi menangis berikut ini :

1. Bayi Merasa Tidak Nyaman

Bayi akan menangis ketiak merasa popoknya terlalu basah , panas , ataupun kedinginan . Jadi cari tahu apa yang menyebabkan bayi anda merasa tidak nyaman dan segera atasi masalahnya .

2. Bayi Anda Lelah

Jika terlihat bayi anda mulai malas beraktifitas , tidak mau d ajak bermain , sering menguap dan menangis , berarti ada kemungkinan dia lelah dan ingin tidur.

3. Bayi Anda Lapar

Apabila anda sudah memberikan susu pada bayi anda sekitar 3-4 jam yang lalu kemudian bayi anda bangun dan mulai menangis , bisa jadi ia merasa lapar . Berikan susu pada bayi anda dan ia akan berhenti menangis.

4. Bayi Anda Sedang Menderita Penyakit Tertentu

Tangisan bayi yang lemah bisa saja menjadi pertanda bahwa ia sedang sakit . Segera bawa bayi anda ke petugas kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut.

5 Bayi Anda Merasa Kesakitan

Bayi sama halnya dengan orang dewasa ataupun anak - anak pada umumnya jika ia merasa kesakitan . Jadi segera cek suhu bayi dan periksa di mana sumber rasa sakit tersebut berada .

6.Bayi Anda Merasa Kesepian

Pada saat bayi anda tertidur , dan anda meninggalkannya dari tempat tidur sendirian , kemudian ia mulai menangis saat bangun, mungkin ia merasa kesepian dan tidak suka di tinggal sendirian . Peluk bayi anda dan berikan kasih sayang .

7.Bayi Anda Sedang Kolik

Kolik ini semacam kondisi dimana bayi mengalami sakit perut . Kolik juga dapat membuat bayi menangis berkepanjangan , dan penyebabnya pun belum di ketahui . Saat bayi sedang kolik memang sangat sulit untuk menenangkannya agar berhenti menangis . Bayi akan terus menangis meskipun ia dalam keadaan sehat dan diberi makan yang cukup . Namun jangan khawatir kolik ini hanya akan bertahan sampai bayi menginjak usia 4 bulan.

Cara yang dapat Anda Lakukan agar Bayi Berhenti Menangis

Jika bayi anda menangis dan anda belum mengetahui penyebabnya , mulailah dengan memenuhi kebutuhan dasarnya. Berikan ia susu , ganti popoknya serta pastikan ia tidak kedinginan atau kepanasan , dan juga pastikan pakaian yang dia pakai nyaman.

Bila hal - hal tersebut tetap tidak menenangkannya coba cara lain seperti memberinya pelukan , melakukan pijatan - pijatan halus pada sang bayi , memberi sesuatu untuk dihisap (dot), memutarkan murrotal,dan mencoba memberinya mainan agar ia dapat tenang dan berhenti menangis.