Wajib Baca !! 40 Hari Menjelang Kematian Menurut Islam

BacaPedia

Ilustrasi

Kematian merupakan sebuah hal yang pasti dan akan di alami oleh setiap mahluk yang bernyawa dan hidup di dunia ini . Adapun hal yang tak diketahui hanyalah soal kapan waktu datangnya, oleh karenanya hal tersebut merupakan rahasia Allah SWT.

Meski demikian, walau kematian tak dapat diketahui datangnya kapan, akan ada tanda-tanda yang mungkin dapat kita ketahui sebelum ajal menjemput . Hanya saja biasanya banyak sekali orang yang tidak menyadarinya.

Ada beberapa tanda yang lebih spesifik 40 hari sebelum kematian datang pada seseorang, tanda-tandanya kurang lebih seperti berikut ini:

1. 40 Hari Menuju Kematian

Tanda-tanda kematian ini muncul ketika sudah masuk waktu Ashar, bagian pusat dari tubuh kita akan terasa berdenyut. Hal tersebut menandakan bahwa daun yang tertulis nama kita yang berasal dari pohon yang terletak di Arshy Allah swt. telah jatuh gugur.

Kemudian malaikat maut segera mengambil daun tersebut serta membuat persiapan diantaranya yakni mulai mengawasi kita setiap waktu .

Dan sesekali malaikat maut juga menampakkan diri kepada orang yang akan dicabut nyawanya dalam bentuk manusia, dan seketika itu pula orang tersebut akan merasa terkejut dan bingung melihat kedatangan malaikat maut.

Meskipun malaikat maut memiliki wujud hanya satu namun atas izin Allah swt, ia mampu mencabut nyawa seseorang dalam kurun waktu yang hampir sama.

2. Tujuh Hari Menjelang Kematian

Tanda yang kedua ini juga muncul sesudah masuk waktu asar, tanda-tanda kematian ini hanya Allah swt berikan kepada orang-orang yang diuji Allah dengan Sakit, biasanya orang yang sedang sakit tak berselera makan,Akan tetapi tiba-tiba orang tersebut ingin makan. Ini merupakan isyarat dan tanda dari Allah bahwa kematian memang benar-benar akan menjemput dalam waktu dekat.

3. Tiga Hari Menuju Kematian

Pada suatu saat akan dahi tengah kita akan terasa denyutan, yaitu diantara dahi kanan dan dahi kiri. Apabila pertanda kematian ini dapat dirasakan maka adabaiknya kita berpuasa setelah itu.

Hal tersebut dilakukan agar di dalam perut kita tak mengandung banyak najis, dan ini juga akan mempermudah orang lain untuk memandikan jasad kita.

Setelah itu juga mata hitam kita tak lagi bersinar, dan bagi orang yang sedang sakit, hidungnya perlahan - lahan akan masuk ke dalam, ini terlihat jelas kalau dilihat dari sisi tubuh kita. Telingapun juga akan layu dan berangsur-angsur mulai masuk ke dalam.

Tapak kaki tegak berangsur-angsur lurus ke depan dan sulit untuk ditegakkan lagi.

4. Sehari Sebelum Kematian

Tanda-tanda kematian yang keempat ini juga terjadi sesudah waktu ashar, kita akan merasakan denyutan di bagian ubun-ubun, ini menjadi pertanda untuk kita bahwa kita sudah tak sempat lagi melihat waktu ashar di esok hari .

5. Tanda Terakhir, Kematian Datang

Kita akan merasakan sejuk pada bagian pusat, lalu turun ke pinggang dan akan terus naik sampai ke bagian halkum.

Ketika masa seperti ini hendaknya kita sering dan banyak - banyak beristighfar memohon ampun pada Allah, dan sering-sering membaca syahadat. Menata hati, fokuskan fikiran kita hanya kepada satu Tuhan yaitu Allah SWT.

Dengan sedikit pengetahuan menjelang kematian, semoga kita punya kesiapan untuk menghadapinya dan juga mempunyai bekal menjelang kematian.

Akan tetapi semuanya tetap kembali kepada Allah, maka dari itu berdoalah agar kita semua dapat menyadari tanda yang diberikan oleh-Nya supaya siap ketika ajal menjemput kelak. Wallahu a’lam.

Semoga kita dimatikan dalam keadaan khusnul khotimah.

Amin.